Pengetahuan

Loyalty Card: Jenis, dan Peran dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis

Loyalty card atau kartu loyalitas merupakan salah satu strategi pemasaran untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Mari ingat kembali, pernahkan kamu menerima sebuah kartu kecil setelah membeli kopi atau produk lainnya? Lalu diberi tahu setelah mengumpulkan 10 cap atau mengumpulkan poin  kamu akan mendapatkan hadiah menarik. Kartu semacam ini dikenal dengan sebutan Loyalty card. 

Fungsi Dalam Bisnis

Kartu loyalitas ini memiliki tujuan utama untuk mendorong pelanggan agar terus kembali dan melakukan pembelian, dengan memberikan imbalan tertentu. Berbeda dengan kartu diskon atau voucher yang hanya memberikan potongan harga sesaat, loyalty card bersifat jangka panjang. 

Bukan hanya untuk meningkatkan frekuensi pembelian, kartu ini juga dapat memperkuat hubungan antara pelanggan dan brand. Ketika pelanggan mendapatkan poin atau hadiah dari transaksi, mereka merasa usahanya dihargai. Selain itu interaksi yang konsisten dan sering dapat memperkuat keterikatan pelanggan terhadap produk atau layanan. 

Jenis-Jenis Loyalty Card

Terdapat beberapa jenis loyalty card, berikut beberapa diantaranya.

  1. Poin-based (sistem poin)

Pelanggan mendapatkan poin setiap melakukan pembelian. Poin tersebut dapat ditukar dengan hadiah tertentu. Cocok untuk retail atau minimarket.

Contoh : 1 poin per Rp. 20.000 belanja, 100 poin dapat ditukar dengan voucher potongan harga15%.

  1. Stamp card (kartu cap)

Setiap kali pelanggan membeli, mereka mendapatkan satu cap. Setelah cap terkumpul, pelanggan mendapat hadiah atau produk gratis. Cocok untuk bisnis kafe, laundry, food truck, atau warung makan. 

Contoh : Beli 9 kopi, gratis 1 kopi.

  1. Tiered loyalty card (kartu bertingkat)

Program loyalitas yang membagi pelanggan ke dalam level berbeda berdasarkan total transaksi atau frekuensi belanja. Setiap level menawarkan keuntungan lebih besar. Cocok untuk brand fashion, toko elektronik, atau pusat kebugaran. 

Contoh : Level silver, gold, dan platinum dengan diskon dan reward yang meningkat.

  1. Paid membership

Pelanggan membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan kartu loyalitas dengan keuntungan eksklusif, seperti diskon premium, layanan prioritas, atau akses produk terbatas. Cocok untuk brand dengan pelanggan setia yang bertransaksi rutin.

Contoh : Kartu keanggotaan tahunan dengan diskon 10% setiap transaksi.

  1. Digital

Versi digital dari loyalty card yang diakses melalui aplikasi atau sistem online. Memberikan kemudahan pelacakan poin, notifikasi promo, dan pengumpulan data pelanggan. Banyak digunakan oleh restoran, retail modern, dan bisnis yang sudah go digital.

Contoh : Scan QR setiap transaksi dan poin otomatis masuk ke akun pelanggan.

Manfaat kartu loyalitas bagi bisnis.

  1. Meningkatkan frekuensi pembelian

Dengan adanya insentif seperti poin atau reward, pelanggan terdorong untuk lebih sering kembali dan bertransaksi agar bisa segera menukarkan manfaat yang dijanjikan.

  1. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Pelanggan yang merasa dihargai dan mendapatkan keuntungan dari setiap pembelian akan cenderung tetap setia pada brand, daripada mencoba produk dari kompetitor.

  1. Mengumpulkan Data Pelanggan

Melalui program loyalty card digital, bisnis dapat mengumpulkan data penting seperti frekuensi belanja, jenis produk favorit, hingga waktu transaksi. Data ini sangat berguna untuk strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

  1. Membangun Hubungan Emosional dengan Pelanggan

Ketika pelanggan merasa diperhatikan dan dihargai, mereka tidak hanya menjadi pembeli, tetapi juga pendukung brand. Hubungan ini bisa membentuk loyalitas jangka panjang yang sulit digantikan oleh pesaing.

Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, menjaga pelanggan setia menjadi aset yang tak ternilai.

Tempat Cetak Loyalty Card Berpengalaman

Cetak loyalty card custom dengan desain menarik dan bahan berkualitas di Dyno Printing. Buat pelanggan betah kembali dan bantu bisnismu berkembang dengan strategi yang cerdas.

Hubungi kami sekarang untuk konsultasi dan pemesanan.

📍 Jl. Otista Raya NO. 161A, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Jakarta 13330, Indonesia
📱 0852-8005-9274 / Digitalprinting41@gmail.com

baca juga : Cetak Produk 17 Agustus: Bendera, Spanduk, hingga Mug

Uliyulian

Recent Posts

Cetak PVC Custom : Dari ID Card, Signage, hingga Media Promosi

Cetak PVC kini menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang membutuhkan media cetak kuat, tahan…

2 months ago

Jasa Cetak Spanduk Awet dan Full Color – Panduan Memilih di Percetakan Digital

Mengapa Spanduk Masih Jadi Media Promosi Favorit? Spanduk hingga kini tetap menjadi salah satu media…

2 months ago

Signage Custom: Akrilik, hingga Foamboard sebagai Pilihan Tepat

Signage merupakan media visual yang berperan penting dalam menyampaikan informasi, memperkuat identitas brand, hingga mempercantik…

2 months ago

Box Kemasan Custom: Isi Produk Aman, Branding Pun Jalan

Box kemasan kini menjadi elemen penting yang memiliki dua fungsi sekaligus. Selain berperan sebagai pelindung…

2 months ago

Impraboard Custom: Media Promosi yang Ringan dan Tahan Lama di Percetakan Digital

Percetakan Digital – Solusi Dalam dunia promosi, pemilihan media cetak yang tepat sangat berpengaruh terhadap…

2 months ago

Lanyard Custom: Lebih dari Sekadar Gantungan ID Card

Lanyard Custom Di banyak acara maupun lingkungan kerja, lanyard custom menjadi salah satu perlengkapan yang…

2 months ago